Tikungan Ekstrem Sitinjau Lauik

Bermula ketika saya membuka youtube, di halaman home, ada selipan video mengenai bus dan truk yang melewati sebuah tikungan tajam di daerah Sumatera. Dan, banyak dari truk tersebut terlihat bersusah-payah melewati tikungan dengan medan yang berbelok serta curam. Supir-supir ini saya rasa sudah gila semuanya.

Setelah saya nonton beberapa video tersebut, saya pun mencarinya. Jadi, Sitinjau Lauik, adalah sebutan untuk ruas jalan sepanjang lebih kurang 15 kilometer pada jalan lintas Sumatera rute Kota Padang – Arosuka – Solok. Rute Sitinjau Lauik ini, juga merupakan salah satu rute nasional yang menghubungkan Sumatera Barat dengan sejumlah provinsi lainnya di Indonesia.

Disebut dengan Sitinjau lauik, karena dari sejumlah titik di jalan itu, para pengendara dapat dengan leluasa memandang laut sepanjang pantai barat dan keindahan Kota Padang dari atas ketinggian. (Lengkapnya di Viva.com)

Sebelum lebih jauh, yuk, kita coba nonton beberapa videonya berikut ini:

Nah, bagaimana menurut kalian?

Jelas sudah, supir yang melewati jalan ini sudah pada tidak waras. Secara logika saja, saya tidak bisa membayangkan bagaimana para supir punya skill sehebat itu. Jadi, saya pasti akui supir itu hebat-hebat. Jangankan lintas Sumatera, kadang di Jawa sekalipun banyak supir yang skill-nya aduhai gilanya.

Jadi, dimana Lokasi Sitinjau Lauik ini? Disinilah lokasinya:

 

Dengan peta sekarang, special thanks to Google, kita bisa lihat dan meniti jalanan ini secara virtual berkat Google Map Explore yang sudah mampir ke daerah ini. Berikut ini salah satu hasil gambar dari Google Map:

Permadisatya0012
Sitinjau Lauik

Beginilah kondisi arus perpindahan panumpang, barang, dan jasa melalui jalur darat. Kita bisa bayangkan, andai saja pemerintah membangun jalan tol, perpindahannya akan menjadi lebih lancar lagi. Ditambah, dengan adanya tol, bus dan truk akan lebih banyak lagi yang lewat. Dampaknya pasti akan dirasakan langsung pada perekonomian daerah. Bagitulah fungsi tol, menurut saya.

Buat para supir, kalian hebat!

Buat yang ingin menonton lebih banyak videonya, bisa langsung ke koleksi Surya 17!

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s