Recommended Film: New World (2013)

Berbicara tentang film-film Korea, in general, banyak mencetak film-film drama yang unggul, bila dibandingkan dengan negara lainnya. Di antara beribu film drama tersebut, terdapat genre film action drama, yang salah satunya adalah New World (2013).

Selama ini saya jarang sekali menemukan genre film seperti ini. Perpaduan antara drama yang menegangkan digabung dengan aksi pukul-pukulan hingga berdarah-darah. Film ini jadi salah satu rekomendasi dari saya. Mari kita saksikan dahulu bagaimana trailer-nya berikut ini:

Dari trailer-nya saja kita bisa merasakan sensasi ketegangannya. Apalagi saat menontonya!

Secara spesifik, film ini lebih masuk ke genre crime drama karena ada bumbu kriminal dan kejahatan mafia di dalamnya.

Pemeran di film ini juga bukan sembarangan orang. Yang pertama, yang saya paling tahu, adalah Hwang Jung Min. Saya tahu karena dia menjadi guest Family Outing, acara reality show televisi pada jamannya. Akting dia tidak usah ditanya lagi, sudah banyak masuk nominasi dan pastinya banyak menang di beberapa kategori.

Mungkin, nama tersebut tidak bisa disandingkan dengan Lee Min Hoo yang populer dikalangan anak muda juga. Namun, selain Hwang Jung Min, ada pula Choi Min Sik dan Lee Jung Jae. Nama-nama tersebut cukup terkenal dalam perfilman Korea Selatan.

Selain nama terkenal tersebut, ada pula aktris Song Ji hyo, yang kita kenal biasa menjadi member di Running Man.

Dari segi cerita, film ini sangat rapih. Hampir seluruh adegan memiliki arti, yang akhirnya membentuk kausalitas cerita keseluruhan. Informasi yang ada ditampilkan cukup jelas, dan itu membuat nalar kita dapat dengan mudah mengikuti jalan cerita.

Dari sisi sinematografi, pemilihan latar dan tempat sangat detil. Tidak terlihat adanya cela dari setiap gambar yang diambil.

Jadi, selama menonton ini, saya dapat merasa berdebar-debar. Setiap terdapat satu kejadian, perpindahannya tidak cepat, namun juga tidak lambat. Ada sepersekian detik kita bisa menghayati adegan, efek dimana kita masuk dalam ketegangan di film. Terutama ketika adegan di akhir di film ini.

Berikutnya, akan sedikit terdapat, yakSPOILER.

Ada dua karakter utama di film ini, Lee Ja-sung dan Jung Sung. Mereka ini adalah mafia di grup bisnis Gold Moon. Lee Ja-sung adalah polisi yang sudah lama menyusup menjadi mafia. Lee Ja-sung dan Jung Sung bersahabat akrab, dan bahkan sudah dianggap sebagai saudara kandung oleh Jung Sung.

newworldfinal
Depan kiri adalah Jung Sung, dan sebelahnya adalah Lee Ja-sung. Foto ketika Ja Sung mengantar Jung Sung di bandara untuk pergi ke China mengurus bisnisnya disana. (Sumber foto)

Jung Sung ini punya saudara kandung bernama Lee Joong Gu. Setelah ayah mereka wafat, kursi pemimpin utama Gold Moon menjadi kursi panas yang akan diisi oleh salah satu dari mereka.

Dari sini, Section Chief Kang Hyung-cheol, yang menyusupkan Lee Joong Gu ke dalam Gold Moon, mulai bergerak. Situasi yang sedang panas ini berusaha dimanfaatkan dengan memberi komando ke Lee Joong Gu.

small_newworld04
Lee Joong Gu menolak tawaran Section Chief Kang Hyung-cheol. (Sumber foto)

Permasalahannya, Jung Sung mulai curiga dengan penyusup-penyusup dari kepolisian. Lee Joong Gu sadar jika penyamarannya cepat atau lambat akan ketahuan. Kekhawatiran tersebut bukan apa-apa, mengingat Jung Sung telah menganggapnya sebagai saudara kandung. Lebih lama lagi, jika ketahuan, bisa dibunuh, apalagi dia punya istri yang sedang hamil.

Cerita ini hanya sekelebat saja, karena ada konflik yang lebih segar, dimana Jung Sung dimusuhi oleh kakaknya sendiri. Dan masih banyak lagi.

918ABuHysDL._SL1500_
Momen dimana Jung Sung, yang sudah doyan berantem dari kecil, berhadapan dengan lima orang pembunuh. (Sumber foto)

Konflik-konflik di film ini akhirnya memuncak, dan tidak dapat ditebak arahnya akan berakhir seperti apa. Lebih baik ditonton. Karena menurut penilaian saya, film ini dapat nilai 9 dari 10.

Selamat menonton!

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s