Organize Your Image Files on Windows 10 With These Apps!

pvanmarketing3_1476069506-e1499111886681.jpg

Operating system terbaru yang diusung oleh Microsoft, yakni Windows 10, terlihat semakin mantap. User interface dan peforma Windows 10 jauh lebih baik dibandingkan dengan Windows 8 yang dirasa mengalami kegagalan. Pertama kali saya menggunakan Windows 10, yang saya rasakan adalah tidak nyamannya progam image viewer. Untuk Windows 10, Microsoft hampir merombak progam-program dasarnya, terutama program untuk mengorganisir image-nya.

Microsoft Photos yang dibawa terasa sangat berat saat awal dijalankan. Hal tersebut akan terasa sangat mengganggu jika kita ingin melihat gambar sekilas-sekilas secara singkat. Untuk program sesederhana itu, sungguh mengherankan bagi saya jika terasa lambat. Bahkan, Microsoft Photos sendiri terasa lambat pada spesifikasi PC yang middle-end. Tidak hanya itu, Microsoft Photos juga minim fungsi dalam mengorganisir image, dan juga minim dalam pengaturan modifikasi. Hal ini mungkin bisa dimaklumi, mengingat Microsoft memang lagi gencar mengembangkan Windows Store-nya.

Google Picasa

Program yang sempat dikeluarkan oleh Google ini saya rasa masih sangat mumpuni dijalankan di Windows 10. Saat ini sebetulnya Picasa sudah tidak lagi dikembangkan oleh Google karena digantikan oleh Google Photos.

Saat kita instal aplikasi Picasa, terdapat dua jenis aplikasi, yaitu: Picasa Photo Viewer dan Picasa 3. Pada dasarnya, feature yang ditawarkan Picasa untuk mengorganisir image file tergolong biasa saja dibanding dengan aplikasi image organizer lainnya. Yang paling saya suka memang Picasa Photo Viewer-nya. Sungguh tiada dua sampai saat ini.

Berbicara user interface dan peforma, dari pengalaman saya menggunakan Picasa sejak 2008 yang di jalankan di Windows XP, saya masih bisa merasakannya di Windows 10. Sungguh sangat menggembirakan. Beberapa kelebihan dari Picasa yang menonjol diantaranya: Scrolling mouse wheel pada gambar dapat diatur untuk pindah ke image berikutnya atau zooming image; Terdapat thumbnail preview yang muncul dan hilang secara otomatis, dan it’s really smooth!; Selanjutnya, next image akan mengikuti sort default  yang ada pada windows explorer.

Picasa juga memiliki kekurangan dalam kompatibilitasnya membuka image files dengan ekstensi yang tidak biasa. Misalnya saja untuk image dengan GIF extention. Namun bagi saya, hal tersebut bukanlah hal yang mengganggu. Dari pengalaman saya juga, Picasa di Windows 10 hanya bermasalah dengan dpi scaling. Di awal, Picasa secara default akan jalan pada scale 800 x 600, yang mana efek dari transparent background akan rusak karena akan terlihat membesar. Permasalahan dpi scaling sebetulnya bukan hanya terjadi pada Picasa, hal tersebut juga terjadi pada banyak aplikasi yang belum menyesuaikan user interface-nya dengan Windows 10. Namun demikian, masalah ini dapat diatasi dengan mencentang bagian Disable display scaling on high dpi settings pada compatibility program, dan TADAAA! permasalahan selesai!

Sebelum saya mencoba kembali Picasa yang sebelumnya saya pikir sudah benar-benar mati, saya mencoba banyak aplikasi gratis. ImageGlass adalah satu diantara sekian banyak yang cukup mendekati nyamannya Picasa Photo Viewer. User interface dan peforma juga tidak kalah baik. Namun, hal paling tidak nyaman dari ImageGlass adalah next image yang tidak mengikuti sort default  yang ada pada windows explorer. Rencananya, hal tersebut akan diakomodir pada update terbaru versi 5.0 (yang saat ini baru ada versi  4.0.4.15).

FastStone Image Viewer

Setelah menemukan aplikasi yang sesuai untuk image viewer, maka selanjutnya adalah mencari aplikasi yang mampu mengorganisir image files di Windows 10. FastStone merupakan satu yang terbaik. Salah satu kelebihannya adalah adanya feature batch editing. Saya sendiri menggunakannya untuk mengorganisir image file dan batch renaming. Fasilitas untuk standard foto editing juga cukup lengkap. Untuk aplikasi dengan lisensi gratis bagi non-komersil, FastStone sangat layak jadi pilihan. Faktor user interface yang rapi dan dikhususkan untuk image files membuat nyaman digunakan. Lalu, peforma yang cepat dan ringan juga menjadi kelebihan tersendiri bagi bagi aplikasi tersebut.

Buat saya, Picasa dan FastStone Image Viewer adalah dua program yang wajib ada pada Windows 10 sebagai penunjang untuk mengorganisir image files yang saya punya.

Leave a Reply

