Instagram: Seni Fotografi Pada Aspek Rasio 1:1

asdasdasd

Berhubung saya adalah orang dengan hobi fotografi, saya melihat Instagram punya gayanya sendiri dalam seni fotografi. Aplikasi ini cuma menyediakan postingan foto dengan aspek rasio 1:1. Ya, ukuran foto yang biasanya diambil dengan berbagai macam aspek rasio mulai dari 3:4 hingga 16:9 dipaksa untuk mengikuti aturan aplikasi ini.

Banyak hasil foto yang bagus, tetapi belum tentu itu akan tetap bagus dengan aspek rasio 1:1 dan disinilah tantangan yang ditawarkan oleh Instagram. Beberapa orang memilih menggunakan aplikasi tambahan untuk menjadikan fotonya memiliki aspek rasio 1:1 tanpa memotong gambar. Menurut saya sendiri, hal ini adalah jalan praktis agar sebuah foto bisa terlihat tetap bagus dalam aspek rasio 1:1, tapi cara ini seperti mengabaikan tantangan dari Instagram itu sendiri.

Buat saya, foto di Instagram itu harus full dengan aspek rasio 1:1 yang artinya dari aspek rasio 3:4 kita potong menjadi aspek rasio 1:1. Gambar dengan aspek rasio 1:1 ini tidak semuanya akan sebagus yang memiliki aspek rasio selain 1:1. Dengan demikian, kita juga dituntut untuk pintar dalam memilih objek foto. Salah satu kategori objek foto yang mungkin akan terlihat tidak bagus adalah gambar pemandangan. Akan tetapi beberapa orang dapat mengubahnya menjadi keuntungan dengan menghasilkan gambar yang sangat sempurna.

Instagram sendiri sebetulnya menyediakan sendiri kamera dengan aspek rasio 1:1, akan tetapi kamera tersebut tidak begitu fleksible karena setelah memotret akan langsung masuk ke bagian editing fotonya yang membuat kita tidak bisa mengambil beberapa foto dahulu sebelum mengeditnya di Instagram.

Pertama kali Instagram hadir pada platform iOS. Permasalahan pertama ketika Instagram hadir di android adalah hasil gambar tidak sama dengan yang ber-platform iOS. Akan tetapi semakin hari terdapat perubahan yang hingga saat ini hasil foto dengan editing Instagram di android tidak kalah dengan iOS. Perbadaan ini sangat terlihat karena berada pada warna dan ketajaman. Betul bahwa banyak faktor penentu yang menyebabkan hasil akhir dari sebuah gambar. Secara fungsi editing, saya pikir saat ini Instagram di android telah cukup menyediakan banyak pengaturan yang tidak kalah dengan iOS.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s